KilasJava.id, Surabaya – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat lebih dari 110.559 tiket kereta api jarak jauh telah terjual untuk periode angkutan Lebaran 2025. Sementara itu, jumlah pelanggan yang turun di berbagai stasiun Daop 8 mencapai 104.790 pelanggan.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa pemesanan tiket kereta api reguler untuk masa angkutan Lebaran masih tersedia hingga H+6 Lebaran atau 7 April 2025. Saat ini, pemesanan tiket untuk arus mudik telah mencapai 56.049 tiket dengan jumlah pelanggan turun sebanyak 54.668 orang.
Tanggal keberangkatan yang paling diminati pelanggan adalah H-3 dan H-2 Lebaran, yaitu 28-29 Maret 2025. Pada H-3 tercatat 12.074 pelanggan berangkat dari stasiun Daop 8 Surabaya, sedangkan pada H-2 mencapai 11.087 pelanggan. Rute favorit yang diminati di antaranya tujuan Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung, dan Ketapang.
Sementara itu, untuk arus balik, H+5 dan H+6 atau 6-7 April 2025 menjadi tanggal yang paling banyak dipesan pelanggan. Pada H+5 tercatat 8.108 pelanggan, dan H+6 sebanyak 6.878 pelanggan.
Tiga stasiun paling favorit di Daop 8 Surabaya selama periode angkutan Lebaran 2025 adalah:
– Stasiun Surabaya Gubeng: 17.109 tiket keberangkatan dan 8.378 tiket kedatangan
– Stasiun Surabaya Pasarturi: 15.377 tiket keberangkatan dan 19.477 tiket kedatangan
– Stasiun Malang: 11.597 tiket keberangkatan dan 6.914 tiket kedatangan
KAI Daop 8 Surabaya mengimbau masyarakat untuk segera melakukan pemesanan tiket agar bisa mendapatkan jadwal perjalanan yang diinginkan. Pelanggan juga diingatkan untuk memastikan data diri yang benar, mengecek kembali jadwal perjalanan, serta memperhatikan batas maksimal barang bawaan, yaitu 20 kg dengan dimensi 70 x 48 x 30 cm.
Saat ini, terdapat 49 kereta api jarak jauh reguler yang beroperasi setiap hari di Daop 8 Surabaya. Informasi mengenai tambahan kereta api untuk angkutan Lebaran akan diumumkan lebih lanjut.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi layanan pelanggan di stasiun atau melalui Contact Center KAI di nomor (021) 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, serta media sosial KAI121.
>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id